Breaking News

Cara mudah Konfigurasi MS Outlook

Mungkin Anda akan merasa kerepotan jika harus membaca email lewat browser. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk membaca email lewat browser sangat lama, yang selain dapat memakan waktu Anda, dapat pula memakan ekening tagihan telepon dan ISP Anda. Untuk itulah ada fasilitas POP dan email client. Artikel ini ditujukan untuk pengguna yang ingin membuat email Yahoo! ingin men-downloadnya ke Outlook Express (email client default di Windows). Jika Anda menggunakan email dengan domain lain dan email client lain, silakan sesuaikan.


1. Untuk memBuat email Yahoo! baru, masuklah ke website Yahoo! selain di http://www.yahoo.com, misalnya
http://www.yahoo.co.id
http://www.yahoo.com.sg
http://www.yahoo.co.uk
Yahoo! International http://www.yahoo.com tidak bisa lagi menggunakan fasilitas POP dan Forwarding secara gratis.

2. Klik icon email di bagian atas sebelah kiri. Buat email baru. Domain email yang Anda buat akan mengikuti alamat ketika Anda mendaftar. Misalnya Anda mendaftar di http://www.yahoo.co.id, maka domain email Anda adalah nama-anda@yahoo.co.id.

3. Setelah email tersebut bisa digunakan, silakan login dari web. Klik Mail Options yang ada di kanan atas layar. Pada layar selanjutnya klik POP and Forwarding (di bagian sebelah kanan bawah).

4. Anda akan masuk ke layar Mail Delivery Status. Pada Step 1 pilih Web and POP Access. Pada Step 2 gunakan HTML saja. Submit. Jika sudah selesai, logout.

5. Buka Outlook Express (OE) pada komputer Anda. Jika Anda baru pertama kali menggunakan OE, mungkin langsung muncul jendela Internet Connection Wizard, yang meminta memasukkan nama Anda (ada tulisan Display Name). Nama ini yang nantinya akan muncul tiap kali Anda mengirimkan email. Jika layar tersebut tidak muncul, pilih menu Tools -> Account. Klik Add -> Mail. Akan muncul jendela seperti yang saya sebutkan sebelumnya.

6. Next. Selanjutnya di jendela Internet E-mail Address masukkan email address anda. Misalnya nama-anda@yahoo.co.id.

7. Next. Pada jendela E-mail Server Names, pilih POP3. Incoming mail isi dengan pop.mail.yahoo.co.id (untuk http://www.yahoo.co.id, atau ganti co.id dengan akhiran lainnya jika Anda mendaftar di website Yahoo lainnya). Pada Outgoing mail isi dengan smtp.mail.yahoo.co.id (untuk http://www.yahoo.co.id). Pada Outgoing Mail, Anda dapat juga menggunakan SMTP ISP Anda jika Anda berlangganan internet lewat ISP.

8. Next. Pada Internet Mail Login masukkan account name (tanpa domain @yahoo.co.id atau yang lainnya) dan passwordnya. finish. Nantinya di jendela Internet Accounts akan tampil account pop.mail.yahoo.co.id. Anda bisa mengubahnya jika mau (klik Properties). Ini bukan nama Anda yang akan terkirim, namun hanya merupakan penanda email di OE saja kalau misalnya Anda mempunyai acccount email lebih dari satu.

No comments