Breaking News

Topologi Jaringan Episode ke 2 (Topologi Ring)

Topologi Ring

Topologi Ring (Cincin) adalah topologi jaringan berbentuk rangkalan titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sehingga membentuk jalur melingkar seperti cincin. Di dalam topologi Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiga fungsi yang diperlukan dalam topologi ring adalah penyelipan data, penerima data, dan pemindahan data.

Topologi Ring


Penyelipan Data
Penyelipan adalah proses dimana data dimasukkan kedalam saluran transmisi oleh terminal pengirim setelah diberi alamat dan bit-bit tambahan lainnya.

Penerima Data
Penerima Data adalah proses ketika terminal yang dituju telah mengambil data dari saluran, yaitu dengan cara membandingkan alamat yang ada pada paket data dengan alamat terminal itu sendiri. Apabila alamat tersebut sama, maka data kiriman disalin.

Pemindahan Data
Pemindahan Data adalah proses ketika kiriman data diambil kembali oleh terminal pengirim, karena tidak ada terminal yang menerimanya. Jika data tidak ada terminal yg menerimanya. Jika data tidak diambil kembali, maka data ini akan berputar-putar dalam saluran.

Kelebihan:
  • Hemat Kabel
  • Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu, hanya satu node yang dapat mengirimkan data.
Kelemahan:
  • Pengembangan jaringan lebih kaku
  • Sulit mendeteksi kerusakan

No comments